Wiwit Kopi Colo

Tradisi wiwit kopi colo pertanda dimulainya panen raya yg melimpah

img-20160919-wa0070
TribratanewsKudus.com – Kepolisian Sektor Dawe Resor Kudus melaksanakan pengamanan tradisi wiwit kopi Colo.
Melalui Kapolsek Dawe AKP Sunar,SH terhadap kegiatan masyarakat ” Kegiatan Panen Kopi / Wiwit Kopi di Blok Kuncen Gunung Muria oleh PMPH (Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan dan DARWIS (Sadar Wisata) ”
Pada hari Senin tanggal 19 September 2016 jam 15.30 S/d 17.30 Wib telah dilaksanakan kegiatan panen kopi / wiwit kopi di Blok Kuncen gunung muria turut Desa Colo Kec.Dawe Kab.Kudus.
Tradisi wiwit kopi yang rutin digelar masyarakat Colo setiap tahun ini merupakan penanda akan dimulainya panen raya tanaman kopi di kawasan Pegunungan Muria yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.
Hal itu, sebagai wujud ungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil tanam yang melimpah.
Adapun kegiatan panen kopi / wiwit kopi yang berlokasi di lahan Blok kuncen gunung muria turut Desa Colo tersebut diselenggarakan oleh PMPH (Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan) dan Darwis (Sadar wisata) Desa Colo. sekaligus dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi wisata di daerah setempat khususnya di desa colo yg memiliki berbagai macam wisata alam yg indah. Dalam rangkaian acara ini juga melalui bupati kudus melepaskan burung(satwa) dengan tujuan melestarikan alam pegunungan muria terutama koleksi satwa bebas burung berkicau nya agar supaya tidak punah, dan dengan harapan pelepasan satwa ini semoga masih bisa dinikmati generasi-generasi selanjutnya.
img-20160919-wa0067
Dalam Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 orang diantaranya :
a). Perumperhutani Jateng (Bp. Imam fuji)
b). Bupati Kudus (Bp. H.Mustofa)
c). Asisen 1 (Bp. Drs.Agusbudisatrio.Mm,)
d). Kadin Pertanian (Bp. Drs.Catur,)
e). Kepala Ciptakaru. (Ibu. Sumiatun,)
f). Kasat Polpp Kab.Kudus (Bp. Drs.Abdul halil,)
g). Kepala Pariwisata (Bp. Yuli kasianto,)
h). Polhut KPH Pati (Bp. Nur Chamid)
i). Djarum Fundation (Bp. Pandji)
j). Camat Dawe
k). Kapolsek Dawe
l). Kades dan perangkat Se-Kecamatan Dawe
Selaku Penanggung Jawab dalam kegiatan ini adalah Bapak Mohammad Shokib garno sunarno selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Colo,
Selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif.