Tim Khusus Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Polres Kudus Bantu Proses Pemakaman jenazah terpapar virus Covid-19

Polreskudus.com, Kudus – Tim Khusus Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Polres Kudus kembali membantu proses pemakaman jenazah meninggal dunia karena terpapar virus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, mengatakan tim khusus tersebut diinstruksikan dan mendapat pelatihan untuk mengurus jenazah hingga dimakamkan. Selain itu, kami juga siapkan pengawalan dari rumah sakit hingga ke lokasi pemakaman.

“Tim sebelumnya sudah dilatih pemulasaran hingga menguburkan jenazah yang terpapar Covid-19. Dari Polres hingga jajaran Polsek juga stanby pengalawan jenazah, sewaktu waktu dibutuhkan siap,” kata AKBP Aditya, Sabtu (12/6).

Dalam menjalankan tugasnya Tim Khusus Polres Kudus ini selalu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kudus terkiat pemakaman jenazah Covid-19.

Sesuai dengan prosedur pengamanan yang disiapkan Polres Kudus, ada 15 personil polisi yang mengawal prosesi pemakaman dengan dilengkapi dengan APD untuk membantu menguburkan jenazah.

Sedangkan personil lainnya diinstruksikan untuk memberikan pengertian kepada pihak keluarga untuk tidak mendekati makam demi mencegah potensi terjangkit Covid-19.

“Alhamdulillah selama ini kegiatan pemakaman jenazah yang terkonfirmasi Covid-19 berjalan lancar dan aman,” tuturnya.

Kapolres Kudu juga berpesan kepada warga masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan 5M untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 diwilayah Kudus.