Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Kudus Gelar Razia

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id – Upaya Satlantas Polres Kudus untuk menekan angka kecelakaan Lalulintas terus dilakukan. Selasa, Satlantas menggelar razia rutin.

Puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat terjaring dalam razia tersebut.

Satu persatu kendaraan yang melintas di Jalan Ahmad Yani tepatnya depan Gang 1 terutama dari arah utara menuju ke selatan di hentikan untuk diperiksa kelengkapan berkendara, Selasa (12/3/2019).

Kaur Bin Ops Lantas Polres Kudus IPTU Upoyo mengatakan, gelaran razia kendaraan ini merupakan program rutin Satlantas Polres Kudus sebagai tindakan preemtif atau mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar tertib berlalu lintas.

“Gelaran razia ini sudah menjadi program rutin kami, dikandung maksud guna menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas. Sebab, kecelakaan bermula dari tidak tertibnya dalam berkendara,” katanya.

Dijelaskan, sebanyak puluhan pelanggar yang terjaring dalam razia itu dengan berbagai kesalahan. Seperti, pelanggaran tidak bisa menunjukkan Surat Ijin Mengemudi (SIM), dan pengendara yang tidak bisa meunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Semua pengendara yang dinyatakan melanggar tetap dikenakan E-tilang sesuai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut, untuk menghindari praktek pungli,” jelas Upoyo

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar selalu tertib dalam berkendara, yaitu menyiapkan kelengkapan berkendara seperti surat surat kendaraan, maupun helm bagi keselamatan pengendara itu sendiri.