Siaga Bencana, Polres Kudus Bersama Forkopinda Gelar Apel Antisipasi Menghadapi Bencana

tribratanews.jateng.polri.go.id Kudus – Dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Polres Kudus bersama bersama Forkopinda menggelar Apel Besar Kesiapan dan Antisipasi Menghadapi Bencana, yang bertempat di alun-alun Simpang 7 Kudus, Kamis (9/1).

Dalam apel gelar pasukan Plt Bupati Kudus HM. Hartopo bertindak sebagai pimpinan apel, dan dihadiri oleh Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi, Letkol Arm Irwansyah Dandim 0722/Kudus, Kajari Kudus, Sekda, Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Kudus, Danramil, Kapolsek jajaran.

Plt Bupati Kudus HM. Hartopo dalam membacakan amanat, bahwa kegiatan apel ini sebagai bentuk pesiapan, antisipasi dan kesiapan personil, sarana dan prasana di Kabupaten Kudus untuk menghadapi terjadinya bencana.

Geografis Kabupaten Kudus ada 9 Kecamatan dengan terindikasi rawan bencana tanah longsor di 2 Kecamatan,  yakni Dawe dan Gebog dan terindikasi rawan banjir ada 6 Kecamatan, yakni Mejobo, Bae, Jati, Kaliwungu dan Jekulo.

“Lakukan koordinasi yang baik untuk ciptakan situasi yang harmonis, berikan arahan dan petujuk yang jelas pedomani SOP yang berlaku dalam pelaksaan tugas,“ ujar Plt Bupati.

Setelah apel kesiapan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan personil dan peralatan tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi menambahkan, kegiatan Apel Besar Kesiapan dan antisipasi menghadapi bencana ini dimaksudkan untuk, kesiapan kita, sinergitas kita dan mengecek kesiapan personil dan peralatan dalam menanggulangi terjadinya bencana baik saat terjadinya bencana maupun paska bencana.