Ribuan Pasukan Gabungan Pengamanan Pilkada 2018 Digeser Ke TPS

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id – Ribuan petugas gabungan mengikuti Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada 2018 yang bertempat di Alun-alun Simpang Tujuh Kabupaten Kudus, Selasa (26/06/2018).

Apel pergeseran pasukan dipimpin langsung Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik,MH dan diikuti personel gabungan dari Polres Kudus, Kodim 0722, Brimob, Satpol PP, Linmas.

Dalam amanatnya Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik,MH membacakan arahan dari Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, M.M., M. Hum yang diantaranya bahwa apel serpas ini sebagai kesiapan Polri mengamankam tahapan pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Momentum ini sangat penting karena tanggal 27 Juni 2018 akan dilaksanakan perhelatan demokrasi lokal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bulatkan tekad bernama-sama memelihara dan mengawal Pilkada aman dan damai yang dapat menjadi tauladan bagi provinsi lain”, penekanan Kapolda Jateng.

Sementara itu, Gurning menambahkan dalam pengamanan 1.491 TPS yang disebar 132 Desa di wilayah Kabupaten Kudus, diterjunkan ribuan personel gabungan yang meliputi Polri,TNI,Satpol PP, dan Linmas dengan pola pengamanan 2 Polri 8 TPS 16 Linmas.

Dan mulai hari ini, pasca pergeseran pasukan, pihaknya akan melakukan patroli gabungan guna menjaga kekondusifan wilayah Kabupaten Kudus jelang pelaksanaan pencoblosan.

“Kenali para petugas pengawas dan lakukan koordinasi dalam pengamanan TPS,” Ujarnya

Ia menegaskan keberadaan pengamanan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat melainkan memberikan rasa aman dan nyaman saat mendatangi TPS.

“Dalam pengamanan, jangan ada yang terlibat petugas mendukung salah satu paslon, semua harus netral,” tutupnya.