Rakor Buka Luwur Sunan Kudus

img-20160930-wa0133
Tribratanewskudus.com – Polsek Kudus Kota melaksanakan Giat Raker Buka Luwur Jumat, 30 September 2016 dimulai pukul 20.30 sd 23.00 Wib di Rumah Adat Gedung Menara Kudus.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kapolsek Kudus AKP. Rahmawaty Tumulo, Ketua YM3SK Bapak H. Najib Hasan, Ketua Panitia Buka Luwur Bapak H. MC Fathan, Wakil Ketua Bapak Naila Muna, Kades Kauman Bapak Rofiqul Hidayat, Toga Bapak H. MC. Farauk, Ketua BPD Bapak Zaenal Abidin, Ketua Rw. I Bapak H. Tauhid, Ketua Rt. 01 Bapak H. Farhan, Ketua Rt. 03 Bapak H. Chanafi serta beberapa seksi Panitia Buka Luwur yang mana lebih kurang ada 38 Peserta Raker.

Giat jalannya Raker dipandu oleh Bapak Naila Muna selaku Wakil Ketua Panitia dengan bersama-sama mendengarkan laporan kesiapan dari masing-masing seksi Panitia dengan kemudian langsung disambut dengan saran dan usul dari peserta Raker.

-Dari laporan kesiapan masing-masing seksi Panitia secara teknis tidak ada kendala yang berarti, secara umum masing-masing seksi siap dengan tugas yang dibebankan.
-Fokus masalah kemanan jalannya giat Buka Luwur yaitu dari laporan seksi keaman yang dapat dilaporkan, untuk Pos Keaman sudah siap berada di depan Menara, pagar pengantri akan sudah terpasang pada hari senin malam tanggal 10 Oktober, jumlah petugas keamanan antrian nasi jangkrik/berkat di antrian Pria berjumlah 31 Petugas Panitia, di antrian Perempuan berjumlah 39 Petugas Panitia, rewang keamanan berjumlah 90 petugas, dan personil TNI/Polri dari Koramil dan Polsek Kudus masing-masing 10 personil.
-Arahan dan usulan Kapolsek Kudus AKP. Rahmawaty Tumulo yang pertama masalah teknis penempatan jumlah personil Polisi biar kami dari Polsek yang menentukan, jadi tidak bisa dipatok oleh panitia 10 personil sebab kami mempunyai pertimbangan/analisa sendiri berdasarkan pengalaman tahun kemarin, mengenai lain-lain tidak usah dipikirkan, hal kedua yang disampaikan mohon untuk permasalahan parkir spm/kbm juga ditempatkan petugas mungkin bisa diberdayakan pemuda-pemuda sekitar untuk ikut mengawasi dan menjaga keamanannya, ibu Kapolsek mengingatakan jangan sampai kita fokus didalam tapi diluar ditempat parkir terjadi masalah, hal ketiga yang disampaikan Kapolsek Kudua, mohon bila ada informasi mengenai kerawanan apa saja dan dilokasi mana saja dari berlangsungnya giat buka luwur agar hal tersebut dikoordinasikan dengan kita sehingga kita bisa menempatkan personil dilokasi yang dianggap rawan.
-menanggapi apa yang disampaikan Kapolsek Kudus, dari Bapak H. Najib Hasan selaku Ketua YM3SK memberi masukan bahwa yang perlu ditempatkan personil Polri/TNI antara lain: di lokasi parkir Jl. Menara sebelah utara menara Kudus yang mana dilokasi tersebut rawa krodit/macet, lalu untuk giat acara dari rangkaian Buka Luwur yang perlu ditempatkan personil Polri jumlah banyak dengan pertimbangan kerawanan dan banyaknya jumlah masyarakat yang hadir adalah pada giat pengajian umum, senin 10 Okt 2016 pukul 20.00 wib dan pada pembagian berkat umum/nasi jangkrik, selasa 11 Okt 2016 pukul 05.00 wib.