Prihatin Kondisi Kendeng, Kapolsek Undaan Bersama Warga Lakukan Penghijauan

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id-Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kapolsek Undaan AKP Anwar, S.H bersama masyarakat melaksanakan penanaman pohon di area perhutani pegunungan kendeng yang berada di Desa Wonosoco Kecamatan Undaan Kudus, Kamis ( 1/3).

Kapolsek Undaan AKP Anwar saat bersiap melaksanakan penanam pohon di pegunungan Kendeng.

Kapolsek Undaan AKP Anwar mengatakan, dalam penanaman pohon ini kami bersama-sama Kepala adm purwodadi, Ketua kelompok tani dari Desa Kutuk, Anggota DPRD kudus Supangat, Camat Undaan, Kepala Desa Wonosoco hingga masyarakat sekitar.

“Penanaman pohon ini merupakan bagian dari peduli lingkungan, termasuk upaya mencegah banjir bandang yang pernah menerjang pemukiman Desa Wonosoco beberapa tahun lalu yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan dipegunungan kendeng karena tidak ada tanaman penghijauan sebagai resapan penahan air hujan,” terang Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga dan melestarikan populasi pohon yang ada. Keberadaan hutan akan memberikan banyak manfaat, termasuk untuk mencegah bencana longsor dan kekeringan, sebab pohon mampu menahan air dalam tanah. Tidak hanya itu, pohon juga memberikan nilai ekomonis bagi warga, termasuk untuk penyeimbang alam dan ekosistemnya.

“Kalau sudah ditanam, masyarakat harus menjaga dan merawatnya, karena keberadaan pohon di Kendeng ini sudah sangat memprihatinkan, butuh penghijauan untuk mengembalikan keindahan alam yang ada di pegunungan Kendeng,” pungkasnya.
( Sigit / YD )