Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi, Kapolres Kudus Bacakan Amanat Kapolri

Menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Polres Kudus menggelar laksanakan Apel Gelar Pasukan Lilin Candi 2020 di Halaman Apel Polres kudus yang diikuti oleh perwakilan beberapa Instansi terkait dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, Senin (21/12) pagi tadi.

Apel yang dihadiri oleh Plt bupati Kudus HM Hartopo, Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto, Kajari Kudus Tri Joko serta Instansi terkait tersebut mengusung Tema “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Ditengah Pandemi Covid-19”.

Amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma disampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Operasi Lilin Candi 2020 akan dilaksanakan secara serentak selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan professional dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucap AKBP Aditya Surya Dharma.

Disebutkan AKBP Aditya, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat tempat wisata, yang akan meningkatkan potensi gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Selain itu, Kapolres menekankan agar semua anggota pengamanan yang terlibat bisa lebih waspada dan aktif serta lebih tanggap dalam mendeteksi segala kemungkinan yang akan timbul terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19 jangan sampai menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

“Selain prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi, Kami mengharapkan personel proaktik dan aplikatif dalam mengatasi potensi bencana alam,” pungkasnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 tersebut, Kapolres Kudus bersama Forkopimda Kudus dan Instansi terkait melakukan pengecekan kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana pengamanan untuk meningkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.