Peringati Hari Kartini ke 140, Polwan Polres Kudus Jadi Petugas Upacara

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id – Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini merupakan sosok wanita pribumi yang sangat antusias dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Raden Ajeng Kartini sendiri adalah pahlawan sebagai pendobrak emansipasi wanita dan menginspirasi banyak wanita untuk berkarya seperti yang dilakukan kaum laki-laki.

Untuk memperingatinya, Kepolisian Resor Kudus menggelar Apel Peringatan Hari Kartini Ke 140 yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Kudus, Senin(22/4).

Tidak seperti Apel biasanya, kali ini seluruh Perangkat upacara dari Komandan Upacara, Perwira Upacara, Pembaca sejarah singkat perjuangan RA Kartini hingga pengucap Tri Brata dan Catur Prasetya semuanya diambil alih oleh Polwan Polres Kudus.

Apel yang diikuti oleh Pejabat Utama dan Anggota serta PNS Polres Kudus tersebut diambil langsung oleh Wakapolres Kudus Kompol Muhammad Ridwan, S.I.K, M.Si sebagai Pemimpin Apel Hari Kartini.

Dalam sambutanya, Wakapolres menyatakan Emansipasi Kartini masa kini tidak hanya ditandai dengan keberhasilan wanita dalam berprestasi di bidang pengetahuan, sosial dan politik saja. Tetapi wanita yang berprestasi juga ialah wanita yang berhasil mendidik anak-anaknya menjadi orang yang bermartabat dan berguna bagi keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Kartini masa kini adalah sebutan yang cocok disandang oleh wanita Indonesia saat ini,” ujar Kompol Ridwan.

“Marilah momentum peringatan hari Kartini ini, saya mengajak ibu-ibu semua untuk terus meningkatkan kualitas diri agar keluarga kita tumbuh menjadi keluarga-keluarga yang maju dan mandiri,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Wakapolres berpesan melalui momentum peringatan ini jangan dijadikan sekedar seremonial saja, namun bagaimana kita bisa mengambil keteladanan dari sosok pahlawan yang kita hormati.