Pengamanan Buka Luwur Sunan Muria

img-20161016-wa0098Tribratanewskudus.com – Kepolisian Sektor Dawe Resor Kudus dipimpin oleh kapolsek dawe AKP Sunar,SH melaksanakan pengamanan ganti luwur dan haul kanjeng sunan muria yang ke-392 tahun 2016/1438M.pada hari minggu (16/10/2016) mulai jam 05.30 s/d 09.00 wib di Makam Sunan Muria turut Ds.Colo kec.Dawe kan.Kudus telah dilaksanakan Prosesi kegiatan ganti Luwur dan Haul Raden Umar Said Sunan Muria.

Setelah acara pengajian semalam selepas shubuh acara dilanjutkan dengan berbagai rangkaian adat istiadat atau tradisi yang sudah mendarah daging bagi warga desa colo maupun luar desa bahkan luar kabupaten kudus ikut menghadiri kegiatan ini.

img-20161016-wa0005Kedatangan para peziarah dan tamu undangan yang hendak mengikuti upacara puncak buka luwur Sunan Muria. Yang berlokasi di area sekitar masjid dan makam Sunan Muria ini penuh kerumunan masyarakat yang menantikan digelarnya buka luwur. Halaman depan kantor Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria terpantau ramai seperti biasanya. ditempat ini memang selalu ramai oleh para peziarah,tapi kali ini para peziarah dan tamu undangan datang langsung ke masjid dan makam sunan muria tidak hanya untuk berziarah namun juga untuk mengikuti puncak acara dan berbagai rangkaian kegiatan lainnya.

Adapun Prosesi kegiatan ganti Luwur dan Haul Raden Umar Said Sunan Muria yang ke – 392  tersebut dilaksanakan setiap setahun sekali tiap tanggal 15  Assyuro bulan jawa

Tasyakuran  kegiatan ganti Luwur dan Haul Raden Umar Said Sunan Muria yg di hadiri oleh beberapa tamu undangan sebagai berikut :

Bupati Kudus diwakili  Camat Dawe

Kapolres Kudus diwakili Kapolsek Dawe

Dandim 0722 Kudus diwakili Danramil Dawe

Para Pemangku  Wali songo

SKPD Kab Kudus

Muspika Kec.Dawe

Para Kades se Kec. Dawe

Tamu undangan sekitar 500 orang

 

Puncak acara peringatan dan penggantian luwur Kangjeng Sunan Muria ini telah diisi dengan berbagai kegiatan dan dengan susunan acara sebagai berikut:

-Sambutan pengurus YM2SM : KH.Noor Hamim

-Iftitahul Majelis dan pembacaan wasilah oleh Prof. Dr. KH. Nasroh SH. MH.,

-Pembacaan Yasin : KH.Abdul Manan

-Tahlil : KH.Ahmadi

-Doa   : KH.Ulin Nuha Arwani

-Pemasangan kain tutup batu nisan kanjeng sunan muria oleh Habib Muhammad bin Husain Bin Anis Al Habsy dari solo.

Kemudian Doa penutup selamatan dalam giat Tasyakuran  ganti Luwur dan Haul Raden Umar Said Sunan Muria adalah Habib Umar Muthohar, SH dari Semarang

Selaku ketua Panitia dalam rangka Prosesi kegiatan ganti Luwur dan Haul Raden Umar Said Sunan Muria adalah Bp. H Nur Kudri

rat Yasin.

Rombongan pembawa luwur berjalan dari serambi masjid menuju makam Sunan Muria. Iring-iringan tersebut diikuti pula oleh terbang papat yang dipadu dengan bacaan shalawat Rasul.

Prosesi penggantian luwur ditutup dengan do’a. Setelah itu, tamu undangan dan masyarakat sekitar yang mengikuti prosesi penggantian luwur Kangjeng Sunan Muria menikmati kepungan nasi berkah yang sudah menjadi tradisi turun temurun setiap kali buka luwur digelar.