Peltu (Purn) Supardi, Aksi Jalan Kaki Surabaya – Jakarta Singgahi Mapolres Kudus

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id-Meski sudah purna tugas, Supardi (73) yang merupakan purnawirawan Polri asal Surabaya melakukan aksi nekatnya dengan berjalan kaki dari Surabaya menuju Markas Besar Polri di Jalan Trunojoyo Jakarta yang singgah di Mapolres Kudus sebelum melanjutkan perjalannya kembali, Rabu (25/4) siang tadi.

Supardi merupakan pensiunan Polri tahun 1993 dengan pangkat terakhir Pembatu Letnan Satu (Peltu), dirinya memulai perjalanan sejak Selasa (17/4/2018) dari Mapolda Jatim yang dilepas langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, S.H.

Kasubbag Sarpras Polres Kudus AKP Supriyadi saat itu kebetulan melihat dirinya langsung menyalami serta memberikan semangat. Saat ditanya alasan kenapa berjalan kaki dari Surabaya menuju Jakarta, dirinya menjawab ingin mengetes kekuatan fisiknya. Selain itu, ingin memberi pesan semangat kepada anggota polisi yang masih aktif atau yang telah pensiun untuk senantiasa menjaga fisik.

“Sampai di Mabes Polri tidak ada maksud untuk ketemu pejabat polisi. Ketemu siapa saja yang ada di sana. Saya salami,” ucapnya.

Semula, dirinya ingin melakukan perjalanan lebih dari 700 kilometer itu seorang diri. Tekad Supardi tak bisa dicegah oleh keluarganya untuk melakukan aksi nekatnya tersebut.

Sepanjang berjalanan tidak ada rintangan yang cukup berarti baginya. Meski jari-jari kakinya sudah harus mendapat balutan plester, baginya itu bukan masalah berarti. Dan saat malam harinya Supardi tak melakukan perjalanan, dirinya memilih Mapolsek atau Mapolres untuk dijadikan tempat bermalam.

“Aslinya malam tetap berjalan. Tapi berhubung keluarga tidak membolehkan, ya dibuat istirahat,” pungkas mantan anggota Brimob Kalimantan Selatan tersebut.