Peduli Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Dawe Galakkan Penyuluhan Narkoba

Tribratanews.jateng.kudus.polri.go.id Anggota Bhabinkamtibmas Desa Kajar Polsek Dawe Polres Kudus Aipda Saidun SH berikan penyuluhan tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada kepada warga  Rt. 01/02 Ds. Kajar Kec. Dawe Kudus, Rabu (18/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh agama setempat dan para pemuda tersebut dilaksanakan di rumah Bapak Uswanto selaku Ketua Rt. 01/02 Ds. Kajar Kec. Dawe Kudus.

 

Dalam penyuluhannya, Aipda Saidun SH memberikan materi pengertian narkoba, sifat narkoba, efek narkoba, faktor penyebab pengguna narkoba, bagaimana cara menghindari narkoba, sanksi hukum bagi penyalahgunaan narkoba, upaya pemerintah dalam menanggulangi narkoba di Indonesia dan upaya orang tua dalam mencegah anak agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

Dalam paparannya, Aipda Saidun menuturkan bahwa saat ini narkoba telah menyasar pada usia remaja bahkan telah menjalar masuk di lingkungan pedesaan.

“Narkoba tidak hanya menyasar lingkungan diperkotaan, namun juga dipedesaan. Untuk itu kita harus waspadai bersama,” ucap Aipda Saidun SH.

Untuk mencegah bahaya penyalahgunaan narkoba, Aipda Saidun SH juga berpesan agar para pemuda menggunakan waktunya dengan kegiatan positif dan memilih lingkungan pergaulan yang baik.

“Hobi dan pergaulan sangat mempengaruhi pola hidup. Untuk itu harus pandai-pandai memilih lingkungan yang baik,” imbuh Aipda Saidun SH.

Penyuluhan ini merupakan bentuk kepedulian dari Kepolisian terutama bagi para pemuda agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun.

Dihimbau kepada seluruh orang tua agar memperhatikan anak-anaknya dalam bergaul, dan kepada warga agar melaporkan ke Polsek Dawe Polres Kudus jika mengetahui ada peredaran narkoba di sekitar lingkungannya.

“Kita mengajak dan menyatakan dengan tegas bahwa narkoba adalah musuh terbesar yang harus sama-sama dibasmi,” pungkas Aipda Saidun SH.