Langkah Jitu Kapolsek Jati Mediasi Karyawan Mogok Kerja

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id – Mogok kerja dilakukan 30 karyawan PR. Kembang Surya yang terletak di Desa Ploso kecamatan Jati Kudus , Selasa (8/1).

Aksi mogok yang dilakukan karyawan mendapat pengamanan aparat Polsek Jati Polres Kudus yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Jati AKP Bambang Sutaryo, S.H.

Mogok kerja di latar belakangi karyawan yang menuntut kenaikan upah produksi yg selama ini diberikan Rp. 17.000 per 1000 batang rokok menjadi Rp. 22.500. Dikarenakan umumnya pabrik rokok dengan skala yg sama upahnya Rp. 22.500 per 1000 batang.

Terlihat para personil Polsek Jati nampak bersiaga di lokasi. “Ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas karena adanya aksi mogok kerja tersebut,” ujar Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek juga menyampaikan himbauan kepada para karyawan agar dapat menyelesaikan permasalahan antara mereka dan pemilik pabrik dengan cara yang damai, santun dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Setelah dilakukan mediasi, akhirnya karyawan di akomodir oleh perusahaan dengan dinaikan menjadi Rp. 19.000 per 1000 ribu batang terhitung mulai tanggal 11 Januari 2019.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Jati beserta Kepala Desa Ploso melakukan dialog dengan managemen pabrik serta karyawan, guna memastikan tidak ada gejolak lagi antara karyawan dan managemen pabrik.