Kapolres Kudus Hadir Dalam Acara Penanaman Pohon Oleh Gubernur Jateng

tribratanewskudus.com – Pagi tadi, Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengikuti kegiatan Konservasi Patiayam penanaman dan pemeliharaan pohon oleh Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kudus, Rabu (15/1).

Konservasi Pati Ayam penanaman dan pemeliharaan pohon ini diselengarakan oleh PT.Djarum Foundation serta dihadiri oleh Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, Ka BNPB Letjen TNI Doni Monardo, jajaran Forkopinda Jateng, Plt Bupati Kudus HM. Hartopo, Letkol Arm Irwansyah Dandim 0722/Kudus, Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi, Senior Manager PT. Djarum Kudus FX Supanji, Muspika Kecamatan Jekulo, dan para Pelajar.

Gubernur Jateng melaksanakan kegiatan menanam pohon sebagai simbolis dan di lanjutkan dengan penanaman pohon oleh kelompok tani hutan, pelajar, organisasi wanita dan masyarakat Desa Klaling.

Dalam kegiatan penanaman pohon sekitar 800 bibit pohon yang ditanam di Konservasi Patiayam yang berjenis Pohon Alpukat 200 buah, Pohon Mangga 200 buah, Pohon Durian 200 buah, Pohon Jambu 200 buah.

Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo mengatakan, perlu kesadaran bersama dari masyarakat dengan tidak menebang pohon secara sembarangan sehingga dapat terhindar dari ancaman bahaya banjir.

“Lahan kritis harus dihijaukan atau ditanami pohon, jangan sampe tidak ditanami pohon karena apabila yang ditanam adalah pohon buah yang menghasilkan dapat kita dipanen bareng-bareng untuk masyarakat,” ucapnya.

Ganjar menartargetkan tanam pohon di lahan kritis disini sebanyak 600 ribu pohon jadi lahan perhutani harus ditanami oleh masyarakat.

“Dengan penanam pohon ini juga untuk menghindari hutan yang gundul dan mencegah terjadinya bahaya bencana banjir maupun longsor,”

Ka BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, dengan penanam pohon ini juga untuk menghindari hutan yang gundul dan mencegah terjadinya bahaya bencana banjir maupun longsor.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi menambahkan, kegitan ini merupakan kegiatan positif untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global serta dengan adanya pohon bisa mencrgah terjadinya bencana tanah longsor maupun banjir bandang.