Jelang Pemilu 2019 Polres Kudus Lakukan Pelatihan Simulasi Sispamkota

Tribratanews.kudus.jateng.polri.go.id – Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kudus, menggelar latihan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) pemilu 2019, di lapangan Kongsi turut Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kudus, Kamis (7/3/2019 ) pagi.

Pelatihan simulasi tersebut dilakukan guna meningkatkan kemampuan anggota, dalam hal pengamanan.

Dalam simulasi pengamanan tersebut, digambarkan adanya aksi demontrasi atau unjuk rasa yang dilakukan oleh sekelompok massa dalam tahap kampaye, tahap pencoblosan, pergeseran hasil pungutan suara dari TPS ke PPK, serta tahapan rekapitulasi hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang kecewa mendatangi kantor KPU untuk menggelar aksi demo.

Sementara, dalam aksi demo tersebut sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat kepolisian yang berjaga di depan Kantor KPU. Massa yang semakin beringas membuat petugas terpaksa melakukan tindak tegas dan terarah, dengan menyiramkan air ke arah massa.

Kapolres Kudus AKBP Saptono,S.I.K.,M.H melalui Kasubbag Humas AKP Sardi mengatakan, bahwa dalam pelatihan simulasi tersebut melibatkan 506 personel, dari semua jajaran.

Menurutnya, pelatihan simulasi digelar sebagai kesiapan personel untuk mengamankan jalannya pelaksanan Pemilu 2019.

“Pelatihan simulasi kita lakukan untuk melihat kemampuan personel dalam menghadapi berbagai bentuk situasi di lapangan. Kita harap simulasi yang akan dilaksanakan besok hari Sabtu (9/3/2019) ini tidak terjadi sungguhan dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” ucap AKP Sardi

Sardi mengatakan, dalam pengamanan pemilu, pihaknya akan lebih mengedepankan sikap preventif terhadap pengunjuk rasa. Meski begitu ia mengajak semua calon dan relawan untuk tetap bisa menjaga situasi di Kabupaten Kudus agar tetap kondusif.

“Sejak awal tahapan Pemilu 2019, Polres Kudus selalu jalin sinergitas dengan stakeholder dan berbagai pihak, untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk, di wilayah Kabupaten Kudus.” Tutupnya.