Jangan Takut Ditilang, Polisi di Kudus Sediakan Masker dan Segelas Jamu Tradisional saat Razia

Ada yang berbeda dari operasi lalu lintas Zebra Candi yang digelar Satlantas Polres Kudus, Kamis (5/11). Razia yang digelar di Kawasan Balai Jagong Kudus tersebut, polisi justru membagi-bagikan Masker dan jamu tradisional secara cuma-cuma.

Jika biasanya pelanggar yang melanggar langsung dikenai sanksi tilang, polisi kali ini menyiapkan jamu tradisional serta masker gratis bagi pengendara yang tertib serta warga masyarakat yang ada disekitar lokasi.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, S.I.K. melalui Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu P.F. S.H., S.I.K. mengatakan pemberian masker serta jamu tradisional dipilih, lantaran saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Menurutnya, selain menyegarkan badan, jamu tradisional juga bisa menjaga imunitas tubuh.

“Untuk para pengendara yang memakai helm SNI, dapat menunjukan surat-surat lengkap, kami memberikan segelas jamu dan masker,” katanya.

Operasi Zebra Candi 2020 itu sendiri menurutnya akan digelar hingga tanggal 8 November 2020 dengan tujuan meningkatkan ketertiban dalam berkendara.

Terlihat para pengendara yang kebetulan melintas di Kawasan Balai Jagong Kudus pun dihentikan petugas dan diminta menunjukkan surat-surat kendaraan. Barulah, jika pengendara tersebut tertib, petugas mengambilkan segelas jamu dan masker secara gratis.

Salah satu pengendara, Khoirun Nisa mengaku, sempat kaget tiba-tiba diberi jamu dan masker. Sebab menurutnya hal itu tidak biasa. Ia pun berharap polisi terus mengedepankan sisi humanis dalam melakukan operasi.