Audensi Ubah Tipe Polsek Kudus

img-20161206-wa0093
Tribratanewskudus.com – Kegiatan audensi selasa, 06 Desember 2016 pukul 09.30 Wib bertempat di aula Polsek Kudus Jl. Lingkar Utara Singocandi No.1 Kota Kudus telah berlangsung acara audensi terkait rencana Polres Kudus akan mengubah tipe Polsek Kudus dari tipe plural menjadi tipe urban.

Acara dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari muspicam Kota Kudus, kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kota dan beberapa perwakilan dari tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Kota.

Sesuai dengan undangan yang telah disebarkan yaitu sebanyak 40 undangan, namun dari absensi yang hadir hanya sebanyak 29 orang tamu. Menurut informasi yang kami dapat hal tersebut lantaran acara audensi di Polsek Kudus berbenturan dengan acara rapat paripurna DPDR Kudus yang mana juga turut mengundang Muspicam dan seluruh Kepala Desa/Kelurahan di Kecamatan Kota.

Acara yang berbenturan tersebut menjadikan acara audensi di Polsek Kudus banyak dari tamu undangan yang diwakilkan kehadirannya. Seperti Bapak Camat Kota yang hadir diwakilkan oleh Kasi Trantib Bapak Sakdullah, Danramil Kota yang diwakili oleh Batuud Peltu Junaidi.

Pemateri adalah Kasubbag Gar Bagren Polres Kudus AKP. Susatyo yang merupakan perwakilan tim Polres Kudus yang memaparkan terkait rencana peningkatan tipe Plural menjadi tipe urban pada Polsek Kudus.

Susunan acara singkatnya adalah sbb:
Pembukaan
Sambutan Kepala Kepolisian Sektor Kudus yang dalam hal ini diwakili oleh Kasium Polsek Kudus Ipda Hardiyanto.
Arahan/Paparan dari tim Polres Kudus oleh AKP. Susatyo.
Persetujuan dari audien.
Kesimpulan dan penutup.

Tujuan dari diselenggarakan audensi ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat melalui pemangku otoritas dan tokoh masyarakat di Kecamatan Kota tentang rencana perubahan tipe plural ke tipe urban Polsek Kudus. Perubahan ke tipe urban tentunya akan diiringi dengan peningkatan fasilitas sarana dan jumlah personil Polsek Kudus guna mendukung dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Dengan melihat skala perbandingan sekarang ini antara luas wilayah, jumlah penduduk dan potensi gangguan yang terjadi dikaitkan dengan jumlah personil Polisi yang ada tentu perubahan Polsek Kudus menjadi tipe urban diharapkan mampu menjawab tantangan tugas Polsek Kudus dalam memberikan rasa aman masyarakat dan terciptanya situasi yang kondusif di wilayahnya. Tentu lah semua itu diperlukan persetujuan dan dukungan dari segenap masyarakat.

Kesimpulan dari rapat audensi yang arahnya adalah meminta persetujuan dan dukungan dari masyarakat telah terpenuhi. Hal tersebut dibuktikan dengan seluruh audensi menyatakan setuju dan mendukung rencana peningkatan Polsek Kudus dari tipe plural menjadi tipe urban.